Sprite

Jumat, 20 Juli 2012

Letak Indonesia ~ Astronomis, Geografis, Geologis


A. Letak Astronomis (posisi geografis)
     Letak suatu wilayah dilihat dari titik koordinat garis lintang dan bujur. Letak astronomis indonesia diantara 6 derajat LU-11derajat LS dan 95 derajat BT-141 derajat BT. Pengaruh letak astronomis antara lain:

  1. Dilihat dari garis lintang, Indonesia beriklim tropis (2 musim).
  2. Dilihat dari garis bujur, Indonesia memiliki 3 daerah waktu.

  • WIB: Meliputi daerah Jawa, Sumatra, Kalbar, dan Kalteng dengan patokan   garis bujur 105 derajat BT dengan selisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT.
  • WITA: Meliputi daerah Kaltim, Kalsel, Bali, NTT, NTB, dan Sulawesi dengan patokan garis bujur 120 derajat BT dengan selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT.
  • WIT: Meliputi daerah Maluku dan Papua dengan garis patokan 135 derajat BT  dan selisih waktu 9 Jam lebih awal dari GMT.

B. Letak Geografis
   Letak suatu wilayah dilihat dari permukaan bumi yang ada di sekitarnya. Dilihat dari geografis, Indonesia diantara 2 benua (asia dan australia) dan 2 samudra (hindia dan pasifik). Pengaruh letak geografis antara lain:

  1. Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional.
  2. Indonesia dilalui banyak negara baik laut maupun udara.
C. Letak Geologis
     Letak suatu wilayah berdasarkan formasi/susunan batuan yang ada di permukaan bumi. Letak geologis Indonesia antara lain:

  1. Indonesia merupakan bagian dari 2 rangkaian pegunungan besar didunia yaitu Pegunungan Mediterania dan Pegunungan Sirkum Pasifik.
  2. Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik.
  3. Indonesia terletak pada daerah 3 dangkalan yaitu dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan dangkalan Laut Pertengahan Australia-Asiatis.
             Letak Geologis menyebabkan Indonesia dijumpai banyak gunung api sehingga mempengaruhi kesuburan tanah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please give a polite comment